• Jelajahi

    Copyright © Jurnal Pertanian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Taktik Jitu Tingkatkan Produktivitas Pisang Susu

    06/05/15, 14:14 WIB Last Updated 2015-05-26T23:42:13Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Jitu News Info - Zainal Gani, petani Pisang Susu asal Situbondo - Jawa Timur,  melakukan inovasi baru menanam Pisang Susu dengan mengaplikasikan pupuk kandang terfermentasi. Alhasil, produktivitas Pisang Susunya meningkat 1,5 kali lipat. Bagaimana caranya?

    Taktik Jitu Tingkatkan Produksi Pisang Susu

    Tak hanya menanam, membiarkan, lalu menunggu Pisang Susunya berbuah sampai panen tiba. Kunci suskes Zainal dalam membudidayakan Pisang Susu adalah menggunakan pupuk kandang terfermentasi. Zainal memfermentasi dengan cara menampung kotoran Sapi di bak khusus.

    Mula-mula pekerja menyemprotkan air ke lantai kandang hingga membawa kotoran ke saluran pembuangan yang terhubung dengan bak khusus. Setiap bak berbentuk tabung berdiameter 3 meter dan tinggi 1 meter itu menampung sekitar 1.800 liter cairan kotoran Sapi.

    Kotoran Sapi yang yang sudah bercampur dengan air itu lalu dibiarkan selama 30 hari sebelum siap digunakan. Zainal juga memupuk 12.000 pohon Pisang di kebun dengan pupuk kotoran Sapi cair tidak menambahkan bakteri fermentasi. Bagian atas bak pun dibiarkan terbuka. Sebelum aplikasi, pekerja mengencerkan pupuk kandang terfermentasi itu dengan air dengan perbandingan 1: 5.

    Nah, berikut uraian singkat meningkatkan produksi Pisang Susu ala Zainal Gani :
    • Siapkan bibit Pisang Susu setinggi 1-1,5 meter;
    • Buat lubang tanam ukuran 50x50x50 cm, lalu masukkan 7,5 kg pupuk kandang Sapi padat yang terfermentasi;
    • Siramkan pupuk kandang Sapi cair di sekitar perakaran tanaman seminggu sekali dengan dosis 2 liter per pohon;
    • Ketika Pisang berumur 4 bulan, berikan pupuk NPK dengan dosis 100 gram per tanaman. Berikan pupuk tersebut setiap 4 bulan sekali.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Jitu

    +