• Jelajahi

    Copyright © Jurnal Pertanian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Manfaat Jitu Batang Pisang Sebagai Media Tanam

    06/05/15, 13:55 WIB Last Updated 2015-05-26T23:42:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Jitu News Info - Pisang juga dikenal dengan nama buah surga. Pasalnya, baik buah, bunga, daun, batang dan bahkan bonggolnya dapat dimanfaatkan. Batang pisang, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai media tanam.

    Berkebun Dengan Batang Pisang

    Salah satu bagian lain dari pohon pisang yang bermanfaat adalah batangnya. Siapa sangka batang pisang ternyata bisa menggantikan bambu dan talang air untuk berkebun sayuran lho. Pasalnya, bagi beberapa pihak penanaman di atas tanah saat ini dianggap sudah tidak relevan untuk beberapa komoditas.

    Kelebihan Batang Pisang. Kok bisa batang pisang jadi media penanaman? Perlu diketahui, batang pisang sendiri diketahui mengandung hingga 80% air. Selama ini batang pisang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan selulosanya yang berkadar lignin rendah.

    Penggunaan batang pisang tetap menjanjikan karena kandungan glukosa batang pisang dapat menyuplai kebutuhan tanaman, baik pisang itu sendiri maupun tanaman yang ditanam di batang pisang.

    Tak hanya itu, batang pisang ternyata banyak mengandung pati sebagai sumber nutrisi tanaman dan mikroorganisme. Ia pun memiliki senyawa penting seperti antrakuinon, saponin, dan flavanoid. Nah, pada manusia ,antrakuinon bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Peran senyawa itu pada tanaman juga bisa menyuburkan pertumbuhan bulu-bulu akar yang berguna membantu tanaman menyerap unsur-unsur hara.

    Cara Aplikasi. Lantas bagaimana cara membuatnya? Gampang kok! Pertama tentu saja kita harus sediakan dahulu batang pisangnya. Lalu, buat penyangga kayu untuk menahan batang pisang yang akan ditempatkan horizontal sehingga tidak menggelinding dan stabil.

    Selanjutnya buatlah lubang-lubang ke dalam batang pisang dan buat dengan bentuk mineral piala dengan ukuran besar kira lebar sekitar 15 cm dan 10 cm dengan menggunakan pisau. Jarak antara lubang antara 15-20 cm. Satu batang pisang dapat dibuat 2 jalur lubang.

    Setelah lubang tersebut siap, isi lubang tersebut dengan tanah dan kompos (sampah organik), tambahkan sedikit pasir dan kascing jika ada, ke dalam lubang batang pisang sebagai media tanam.

    Diamkan selama 2-3 hari sebelum ditanami benih sayuran. Setelah itu tanam sayuran ke dalam lubang tersebut sesuai dengan kehendak Anda.

    Model pengolahan jitu seperti ini sama dengan langkah-langkah berkebun dengan menggunakan media bambu atau pipa atau botol plastik. Satu batang pohon pisang dapat digunakan 2-3 kali panen tananaman sayuran, tergantung pada kondisi batang pisang dan jenis tanaman sayurannya tersebut.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Jitu

    +