• Jelajahi

    Copyright © Jurnal Pertanian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    16 Khasiat Jitu Jantung Pisang

    05/05/15, 15:58 WIB Last Updated 2015-05-26T23:42:56Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Jitu News Info - Hampir semua bagian dari pohon pisang bisa kita manfaatkan mulai dari akar batang sampai daunnya. Salah satu bagian yang tidak bisa kita anggap remeh adalah jantung pisang.

    Khasiat Jitu Jantung Pisang

    Dibandingkan buah, bagian jantung pisang memiliki harga jual yang lebih murah. Meski murah tapi jangan anggap remeh, sebab secara klinis terbukti khasiat jantung pisang sangat baik dalam menjaga kesehatan manusia.

    Menurut para ahli, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Selain itu, jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi.

    Jantung pisang bisa dikonsumsi secara mentah atau direbus atau bahkan di buat olahan masakan lainnya. Tapi ingat tidak semua jantung pisang bisa dikonsumsi, untuk itu perlu mengetahui pisang apa saja yang jantungnya bisa dikonsumsi.

    Di antara jantung pisang yang enak dimakan adalah jenis pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja bulu, dan pisang raja siam. Yang paling enak adalah jantung pisang dari jenis pisang klutuk.

    16 Khasiat Jitu Jantung Pisang:

    1. Menu Program Diet. Salah satu manfaat dari jantung pisang adalah mampu menurunkan berat badan, sehingga dapat membuat tubuh lebih ramping seperti idaman para kaum wanita. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi yang mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama dan kandungan lemak yang sedikit sekitar 0,3 gram/25 gram jantung pisang. Jadi, jantung pisang wajib dimasukan ke dalam daftar menu program diet. 
    2. Mengobati dan Mencegah Stroke. Jantung pisang ternyata dapat juga mencegah stroke yang tergolong penyakit kronis. Selain itu, kandungan gizi jantung pisang dapat mencegah radang pada otak. Jadi, jantung pisang selain sebagai makanan program diet juga dapat mengobati dan mencegah stroke. 
    3. Mencegah dan Mengobati Diabetes. Indeks glikemik  yang rendah pada jantung pisang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, jantung pisang juga dapat mengikat kolesterol dan lemak jahat yang nanti akan di keluarkan bersama kotoran, sehingga bermanfaat juga bagi sistem pencernaan. 
    4. Mencegah Kolesterol. Jantung pisang diyakini mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan. 
    5. Menyehatkan Perut. Jantung pisang dapat melancarkan pencernaan karena mengandung fiber yang tinggi. 
    6. Melancarkan Siklus Darah. Jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. 
    7. Mencegah Kanker. Jantung pisang memiliki efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas. 
    8. Anti Penuaan. Jantung pisang ,ampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal. 
    9. Mencegah Penyakit Gondok. Jantung pisang mengandung yodium yang berkhasiat untuk mencegah penyakit gondok.
    10. Menyembuhkan Infeksi. Jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri. 
    11. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah. Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah. 
    12. Mengontrol Darah Saat Menstruasi. Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid. 
    13. Memperbaiki Mood. Jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati. 
    14. Meningkatkan Produktivitas ASI. Bukan hanya daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui. 
    15. Mengobati Malaria. Suatu riset telah mengungkapkan bahwasanya ekstrak jantung pisang dapat menghalangi perkembangan parasit malaria. 
    16. Mengobati Diare. Jantung pisang dapat menormalkan fungsi kolon di usus besar untuk menyerap sejumlah besar air agar usus berfungsi dengan baik.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Jitu

    +