• Jelajahi

    Copyright © Jurnal Pertanian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ini 8 Pisang Asli Indonesia

    06/05/15, 16:45 WIB Last Updated 2015-05-26T23:42:00Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Info Jitu News - Siapa tak kenal pisang? Buah tropis ini tak hanya legit, namun juga kaya vitamin dan mineral. Ayo kenali 8 jenis pisang asli Indonesia yang umum dikonsumsi:

    8 Pisang Asli Indonesia

    1. Pisang Ambon

    Ciri pisang jenis ini yaitu berkulit halus dan berwarna kuning saat matang. Tekstur daging buahnya sedikit keras dan berwarna krem. Aroma harum dengan rasa manis yang pas membuat pisang ini disukai semua orang. Pisang ambon dapat dikonsumsi dalam bentuk segar setelah matang atau diolah menjadi Banana Cake.

    2. Pisang Ambon Lumut

    Saat matang, kulit pisang ini berwarna hijau sampai hijau kekuningan dengan aroma harum yang kuat dan cita rasa manis nan legit. Daging buahnya berwarna putih, dengan tekstur yang lunak dan berukuran lebih kecil dibanding pisang ambon. selain enak dikonsumsi langsung setelah matang, pisang ini dapat dijadikan sebagai masker muka yang dapat menyegarkan dan menghaluskan kulit muka.

    3. Pisang Raja

    Kulit pisang ini cenderung tebal, kasar, dan berwarna kuning jika sudah matang. Daging buahnya berwarna krem agak kekuningan, dengan permukaan yang sedikit berbulu. Cita rasa yang legit dan aroma yang harum membuat pisang ini enak disantap langsung dalam bentuk matang atau bisa juga diolah menjadi Es Pisang Ijo.

    4. Pisang Raja Sereh

    Buah Pisang Raja Sereh yang masih muda dapat diproses menjadi tepung, kripik, cuka, dan bahkan dijadikan bahan dasar pembuat bir di Afrika. Jika sudah matang, pisang ini memiliki kulit tipis berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik cokelat gelap di permukaannya. Daging buahnya berwarna putih dan lunak. Jika disantap, rasa pisang ini agak asam berbau wangi segar buah. Sebagian orang menyajikan pisang ini sebagai menu sarapan atau diolah menjadi Cake Pisang.

    5. Pisang Raja Bulu

    Memiliki bentuk gemuk dan melengkung dengan pangkal buah agak bulat. Panjang buah mencapai 12-18 cm dengan berat rata-rata 110-120 gr. Kulitnya tebal berwarna kuning berbintik cokelat. Tekstur daging buahnya lunak, berwarna kuning kemerahan, dan memiliki cita rasa yang sangat manis tanpa biji. Satu pohon pisang raja bulu biasanya menghasilkan rata-rata sekitar 90 buah pisang. Selain dapat disantap langsung dalam keadaan buah matang, pisang raja bulu juga  dapat pula diolah menjadi Kue Srikaya Pisang. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal potasium dan memperkuat tulang.

    6. Pisang Mas

    Memiliki tampilan yang cantik dengan bentuk buah pendek bulat, berwarna kuning bersih dan berkulit tipis. Saat matang, daging buahnya berwarna kuning keemasan dengan rasa manis yang menggigit menebarkan aroma harum segar. Saat disantap teksturnya halus terasa lezat. Bentuknya yang mungil sangat pas disantap baik secara langsung maupun dijadikan pisang goreng. Selain digunakan sebagai bahan kecantikan kulit, pisang ini juga bermanfaat untuk pereda stress.

    7. Pisang Kepok Kuning

    Kulit pisang ini agak tebal dan berwarna kuning saat matang. Daging buahnya berwarna krem dengan tekstur yang halus. Rasa buahnya lebih manis dibanding pisang kapok lainnya. Cita rasa pisang ini akan lebih manis dan lezat jika direbus atau digoreng. Pisang ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit batuk darah dan diabetes, karena dapat menjaga kadar gula dalam darah.

    8. Pisang Tanduk

    Pisang asal Sukabumi ini bentuknya besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Kulitnya agak tebal berwarna kekuningan berbintik cokelat atau kuning muda saat sudah matang. Daging buahnya putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Satu pohon hanya menghasilkan kurang lebih 10 buah. Berat per buah mencapai sekitar 300 g dengan panjang 35 cm. saat mentah, pisang ini dapat diolah menjadi tepung atau kripik. Jika sudah matang, pisang ini lebih cocok diolah menjadi Kolak. Pisang tanduk bermanfaat untuk membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau mual.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Jitu

    +