• Jelajahi

    Copyright © Jurnal Pertanian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    5 Jenis Pisang Hias Populer

    06/05/15, 17:01 WIB Last Updated 2015-05-26T23:41:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Info Jitu News - Meski tergolong sebagai tanaman pangan, namun ada beberapa jenis tanaman pisang yang dinikmati keunikan, serta keindahannya. Ini dia, 5 jenis tanaman pisang hias populer:


    1. Pisang Baki

    Jenis tanaman pisang dengan nama latin Ensete Superbum ini, banyak tumbuh di Afrika. Sementara di indonesia, pisang unik ini tumbuh di kawasan Nusa Tenggara Timur. Salah satu keunikannya adalah sifat pertumbuhannya tidak merumpun seperti pisang pada umumnya. Tak hanya itu, kelopak bunga pisang jenis ini tidak gugur, meskipun buahnya sudah tua. Sosoknya yang aneh dengan bentuk jantung yang menarik, membuat pisang ini tampak indah. Alhasil, pisang baki ini pun banyak dijadikan elemen tanam, bahkan bisa juga ditanam di dalam pot.

    2. Pisang Cungit

    Dari namanya, cungit berarti mengacung ke langit. Nama pisang ini mengacu pada jantung pisangnya yang tumbuh tegak berwarna merah muda. Ia berasal dari wilayah Assam-India. Sosoknya lebih kecil dibanding pisang-pisang lainnya, sehingga untuk menanamnya di halaman lebih leluasa.

    3. Pisang Ensete

    Pisang jenis ini berasal dari daerah lembap Afrika Tengah dan Timur. Bila dilihat dengan kasat mata, pisang jenis ini serupa dengan pisang baki, dimana batangnya sama-sama tidak membentuk anakan. Kemudian bila diamati, daunnya bertekstur tebal, dan tumbuh tegak ke atas dengan warna hijau muda cerah. Penampilannya pun semakin cantik dengan kolaborasi pelepahnya yang berwana merah keunguan. Karena penampilannya yang dekoratif tersebut, tak heran jika tanaman ini pantas ditanam di salah satu sudut taman, ataupun mengisi ruang kosong di halaman.

    4. Pisang Tongkat Langit

    Pisang jenis ini banyak tumbuh di Tahiti dan New Kaledonia Baru. Bila ditanam di dataran rendah, buahnya tanpa biji. Namun bijinya akan muncul bila ditanam ketinggian 900-1.080 meter di atas permukaan laut. Bila dibagi, tanaman pisang ini terdiri atas 2 jenis yakni pisang tongkat langit berukuran buah kecil dengan kulit buah kuning sampai kuning jeruk bila matang, serta pisang tongkat langit alifuru yang buahnya lebih besar dan berwarna merah bila matang. Selain berbentuk unik sebagai penghias salah satu sudut halaman, pisang ini bisa juga bisa dimakan setelah di bakar, dibuat kolak ataupun direbus terlebih dahulu.

    5. Pisang Seribu

    Tak seperti pisang pada umumnya, pisang bernama latin musa chiliocarpa ini, hanya bisa dinikmati keindahan bentuknya saja. Bila dilihat dari habitatnya, tanaman satu ini berasal dari Kaledonia Baru. Selain itu, kuncup bunganya yang masih menutup berisi sekitar 179 bunga, sehingga ketika mekar penampilan akan begitu memesona. Karena itu, seperti pisang-pisang unik lainnya, ia pun pantas ditanam di salah satu sisi dinding, ataupun sudut taman.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Jitu

    +